Puisi The Iliad Baru Habis Setelah Dibacakan Selama 15 Jam

Puisi The Iliad Baru Habis Setelah Dibacakan Selama 15 Jam

sinetron-indonesia.comPuisi  “The Iliad” Baru Habis Setelah Dibacakan Selama 15 Jam di British Museum (14/8). The Iliad merupakan puisi terpanjang di dunia. The Iliad ditulis oleh Homer antara tahun 800 hingga 700 SM. Pembacaan puisi tersebut dibacakan secara maraton oleh  lebih dari 60 orang seniman.

Baca juga:

5 Sinetron India yang Membuat Pusing Penontonnya

SPUD, Merubah Handphone Menjadi Komputer Desktop

Mengenal Fatih Seferagic, Seorang Qori dan Hafiz dari Amerika

Dalam website resminya (almeida.co.uk) menulis “Jika Anda tidak bisa berada di sana secara lagsung, Anda masih dapat menikmati pengalaman lengkap dari pagi hingga malam, melalui live streaming kami di bawah ini.”

Homer sendiri diperkirakan hidup di abad ke-8 SM, karena tidak ada data biografis mengenai dirinya maka tidak banyak yang diketahui tentang dirinya. Kita hanya tahu Homer berusia panjang, hidup dalam kemiskinan dan mengembara dari satu negeri ke negeri lainnya, dan ia bisa bertahan hidup dengan membacakan puisi-puisinya di setiap daerah yang ia singgahi.

Iliad dimulai dengan kata-kata berikut:

Sing, goddess, the rage of Achilles the son of Peleus,
the destructive rage that sent countless pains on the Achaeans…

(Nyanyian, dewi, kemarahan Achilles putra Peleus,
kemarahan destruktif yang mengirim rasa sakit tak terhingga pada orang Achaea …)

Jelas, kemarahan adalah bagian penting dari puisi ini sejak bait awal. Bahkan, kata Iliad sendiri berarti “amarah” dalam bahasa Yunani Kuno. Sesuai dengan judulnya, Iliad memang merupakan karya sastra yang menceritakan peristiwa berdarah.

Iliad terutama berkisah pada tahun kesepuluh pengepungan Yunani atas Troya. Salah satu tokoh sentral dalam Iliad adalah Achilles, seorang prajurit yang perkasa dalam mitologi Yunani. Murka Achilles berhubungan dengan seorang budak wanita bernama Briseis yang diberikan kepadanya sebagai hadiah setelah dia bertarung. Agamemnon menghina Achilles dengan mengambil Briseis dan membuat Achilles menarik diri dari perang Troya.

Dalam Iliad, Achilles dan prajurit Myrmidon yang menyertainya hampir dikalahkan oleh orang Troya. Mereka digempur hebat dan hampir menyerah. Namun, ketika Patroclus, teman baik Achilles, dibunuh oleh pangeran Troya bernama Hector, Achilles kembali ke medan perang dengan kemarahan berlipat ganda.

Karena begitu marah dengan Hector, Achilles membunuhnya dan menolak mengembalikan mayat Hector kepada ayahnya. Achilles meminta tebusan untuk menukar mayat Hector. Priam, ayah Hector, menyetujui tebusan yang diminta Achilles.

Kisah berakhir dengan penguburan Hector, sang pangeran Troya, yang terbunuh tragis di pertempuran.

Puisi The Iliad ini juga pernah difilmkan dengan judul “Troy (2004)” merupakan sebuah film epik sejarah peperangan ditahun 2004 yang disutradarai dan diproduseri oleh Wolfgang Petersen. Film yang naskahnya ditulis oleh David Benioff ini diadaptasi dari sebuah buku tentang mitologi yunani The Iliad of Homer. Film ini dibintangi oleh Brad Pitt sebagai Achilles, Eric Bana sebagai Hector, Orlando Bloom sebagai Paris, Diane Kruger sebagai Helen, Sean Bean sebagai Odysseus, Brian Cox sebagai Agamemnon, Rose Byrne sebagai Briseis, Garrett Hedlund sebagai Patroclus, Peter O’Toole sebagai Priam, Brendan Gleeson sebagai Menelaus, dan Tyler Mane sebagai Ajax. Film yang dirilis pada tanggal 14 Mei 2004 ini didistribusikan oleh Warner Bros. Pictures.

Demikianlah Puisi  “The Iliad” Baru Habis Setelah Dibacakan Selama 15 Jam di British Museum (14/8). The Iliad merupakan puisi terpanjang di dunia. The Iliad ditulis oleh Homer antara tahun 800 hingga 700 SM. Pembacaan puisi tersebut dibacakan secara maraton oleh  lebih dari 60 orang seniman.

Suka artikel ini? Bagikan:

Komentar

Komentar

Comments are closed.