sinetron-indonesia.com20 Tips Ampuh Mengatasi Flu Alami. Musim hujan telah tiba. Perubahan musim biasanya disertai dengan wabah penyakit yang muncul bersamaan, misalnya flu. Flu adalah penyakit yang paling sering menyerang manusia dan sangat mudah menyebar. Nah, bagaimanakah tips ampuh mengatasi flu secara alami? Berikut ini adalah tips-tipsnya.

20 Tips Ampuh Mengatasi Flu Alami

20 Tips Ampuh Mengatasi Flu Alami

Pada awalnya penyakit flu memang terlihat sangat ringan dengan beberapa gejala seperti bersin, hidung meler, batuk ringan dan sakit pada tenggorokan. Namun dalam kondisi yang lebih berat maka flu juga bisa menyebabkan beberapa gejala lain, seperti:

  • Demam
  • Nyeri sendi dan sakit pada otot (seperti pada bagian punggung dan kaki)
  • Berkeringat dingin
  • Sakit kepala
  • Batuk ringan hingga batuk parah
  • Tubuh akan terasa sangat lemah dan lelah
  • Hidung tersumbat
  • Rasa sakit tenggorokan yang parah.

Penyebab Flu

Virus flu memang sangat mudah menular dan bisa menyerang dengan cepat. Hal ini disebabkan karena virus flu menular lewat udara dari orang yang terinfeksi flu ketika sedang berbicara, bersin atau berjabat tangan. Bahkan virus flu bisa menular dengan mudah dari beberapa sumber benda yang dipakai secara umum seperti di taman bermain, transportasi umum dan fasilitas umum lainnya. Virus akan menyerang tubuh dan membutuhkan waktu mulai dari lima hingga sepuluh hari. Namun bagi orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah maka bisa tertular dalam waktu yang cepat.

Beberapa orang biasanya mengatasi flu dengan cara yang mudah seperti istirahat atau makan sup. Tapi tidak semua orang bisa mengatasi flu semudah ini.  Jika Anda menderita flu yang cukup parah maka pilih beberapa kombinasi cara menghilangkan flu yang paling tepat. berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan flu dengan beberapa metode.

20 Tips Ampuh Mengatasi Flu Alami

1. Perbanyak Minum Air Putih
Mengapa harus minum air puith? jawabannya simple, karena air putih memang mempunyai segudang manfaat yang diantaranya juga dapat membantu mengobati penyakit flu atau pilek. Usahakan minum air puith minimal 8 gelas / harinya. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga agar tenggorokan anda bersih dari kuman yang bisa menyebabkan flu.

2. Mengkonsumsi Minuman Hangat
Selain dengan memperbanyak minum air putih anda juga dapat mengkonsumsi minuman yang hangat-hangat misalnya, air putih hangat, air teh hangat, kopi dsb. Mengapa harus minuman hangat? Jawabannya karena pada saat flu, akan ada banyak cairan yang terbuang melalui ingus, ludah dan keringat. Maka dari itu, sangat disarankan agar anda banyak minum air, tujuannya untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Mengapa harus air hangat? karena cairan hangat dapat membantu mengurangi hidung mampet, mencegah dehidrasi, dan melegakan tenggorokan yang terganggu. Selain itu, uap dari minuman panas juga dapat membantu mengencerkan lendir. So, jika anda flu segeralah minum yang hangat-hangat!

3. Beristirahat Total
Kondisi tubuh yang lelah akan menyebabkan kekebalan tubuh melemah dan flu akan menyerang saat kondisi tubuh yang sistem kekebalannya melemah. Maka dari, sangat disarankan untuk anda melakukan istirahat total dan berhenti bekerja untuk sementara waktu, agar sistem kekebalan tubuh anda menjagi kembali seperti seharunya.

4. Konsumsi Buan dan Sayuran
Saat kondisi tubuh anda melemah, otomatis sistem kekebalan tubuh anda akan melemah. Maka dari itu asupan vitamin dan mineral sangat diperlukan untum membantu mengembalikan kondisi tubuh dan membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh agar tidak meudah terserang penyakit

5. Gunakan Aroma Bawang
Bawang yang selama ini kita kenal sebagai salah satu dari banyak rempah-rempah, ternyata juga bisa dijadikan obat untuk mengatasi flu. Aroma Bawang-Bawangan (bawang daun, merah, putih) dapat berfungsi sebagai katalis dalam mengeluarkan cairan dan membersihkan hidung. Caranya, peganglah bawang di bawah lubang hidung dan hiruplah aromanya selama sekitar 5 menit. Silahkan selamat mencoba!

6. Terapi Uap Tradisional
Penguapan merupakan salah satu cara tradisional yang dipercaya ampuh untuk mengatasi flu. Caranya masukan air panas ke dalam baskom, Gunakan handuk menutupi kepala Anda, dan tempatkan wajah anda di atas baskom tersebut. Agar hasilnya lebih optimal, anda bisa mencampurkan minyak kayu putih, kunyit, jahe atau rempah-rempah lainnya.

7. Berkumur
Berkumur bisa menjadi salah satu solusi saat flu menyerang. Mengapa harus berkumur? tujuannya untuk membantu membersihkan mulut agar bakteri jahat penyebab flu tidak masuk ke tenggorokan. CObalah berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam, cuka apel, kunyit jahe agar hasilnya maksimal.

8. Gunakan Aroma Mentol / Mint
Menggunakan aroma mentol atau mint adalah salah satu cara saya dalam mengatasi penyakit flu atau pilek. Caranya mudah, anda hanya perlu mengoleskan minyak kayu putih atau balsam di dekat lubang hidung, tenggorokan dan dibagian dada anda.

9. Mandi dengan Air Hangat
Saat anda mengalami flu, usahakan jangan mandi menggunakan air dingin. Tapi selalu gunakan air hangat tujuannya yaitu untuk menjaga agar tubuh tetap hangat.

10. Konsumsi Cabai / makanan yang mengandung cabai
Capsaicin adalah sebuah senyawa kimia yang terkandung dalam cabai yang dipercaya dan sudah terbukti efektif membantu membersihkan rongga hidung. Ketika flu mulai menyerang, cobalah mengkonsumsi sup dengan taburan lada atau makanan yang mengandung cabai. Tapi ingat, jangan terlalu banyak, nanti bukannya flunya sembuh malah sakit perut hehe.

11. Konsumsi Rempah-rempah Yang Rasanya Hangat
Terakhir anda juga bisa mencoba memakan rempah-rempah yang rasanya hangat seperti, kencur, jahe, kemangi, sereh. Atau bisa juga semua rempah-rempah berikut di satukan dan direbus dengan air secukupnya, lalu minum air rebusannya.

12. Campuran Madu dan Jahe
Semua orang pasti sudah tahu madu. Selain rasanya yang enak, madu ini juga kaya akan manfaat yang diantaranya juga bermanfaat dalam mengatasi penyakit flu atau pilek. Caranya, ambil 2 ruas jahe, kemudian parut dan campurkan dengan madu. Lalu anda makan 3x sehari. Insyaalloh flu anda akan sembuh.

13. Jus Sayuran
Flu akan membuat Anda menjadi dehidrasi sehingga tubuh menjadi lebih lemah. Untuk mengatasi masalah ini maka Anda bisa mencoba mengkonsumsi jus sayuran. Sayuran mengandung bahan nutrisi alami seperti vitamin, bahan antioksidan dan mineral. Jus dari sayuran organik sangat disarankan. Beberapa sayuran yang bisa Anda masukkan dalam membuat jus adalah seperti wortel (sumber beta karoten) , lobak (mengandung senyawa yang bisa memecah lendir yang menggumpal di saluran pernafasan, brokoli, dan kubis.

14. Bawang Putih
Bawang putih mengandung fitokimia yang bisa membantu tubuh dalam memerangi virus dengan cepat. Bawang putih juga bisa mengatasi flu karena sumber antioksidan yang sangat tinggi. Bahan-bahan ini akan mengembalikan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mengkonsumsi bawang putih secara langsung maupun dengan mencampurnya dalam bumbu sup.

15. Pisang
Saat Anda flu maka biasanya akan merasa mual dan pusing hingga membuat badan menjadi sangat lelah. Untuk menghilangkan semua keluhan ini maka Anda bisa mencoba untuk makan buah pisang. Pisang mengandung vitamin B6 yang bisa memerangi infeksi dari virus flu. Selain itu pisang juga mengandung mineral yang cukup tinggi dan bisa mengatasi tubuh yang lelah.

16. Daging Tanpa Lemak
Ketika Anda terserang flu maka tubuh Anda membutuhkan sumber energi untuk melawan semua infeksi. Jika tubuh Anda terlalu lemah maka infeksi bertambah parah dan menganggu aktifitas. Sebagai sumber energi yang sangat sehat untuk tubuh maka Anda bisa mengkonsumsi daging tanpa lemak baik berupa daging ayam maupun daging sapi. Daging tanpa lemak mengandung protein tinggi yang bisa menjadi pendorong sistem kekebalan tubuh.

17. Cabe Rawit
Cabe rawit bisa menjadi obat flu yang sangat ampuh. Cabe rawit mengandung bahan alami yang bisa membantu mengeluarkan lendir dari hidung sehingga Anda bisa bernafas dengan lega. Selain itu cabe rawit juga banyak mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa memakai cabe rawit untuk bumbu pasta sup atau sambal. Tapi ingat untuk tidak makan berlebihan karena bisa menyebabkan sakit perut.

18. Blueberry
Blueberry buah yang sangat disarankan untuk semua orang yang terkena flu. Buah ini mengandung aspirin yang bisa menyembuhkan sakit kepala dan membuat pernafasan menjadi lebih baik. aspirian alami juga membantu tubuh mengatasi demam dan menghilangkan nyeri otot. Konsumsi blueberry yang masih sangat segar akan lebih baik daripada blueberry yang sudah disimpan beberapa hari.

19. Teh
Minum teh akan membuat tubuh Anda menjadi lebih baik. Teh mengandung bahan antioksidan yang sangat tinggi dan bisa membuat Anda merasa lebih ringan. Ramuan teh alami yang dicampur dengan beberapa bahan seperti lemon dan madu akan membuat khasiatnya menjadi lebih tinggi. Tapi jangan mengkonsumsi jenis teh yang terlalu keras karena bisa membuat Anda sulit untuk tidur. Khasiat terbaik dari teh adalah bahan katekian yang bisa menjadi bahan antibiotik alami dan menurunkan rasa tidak nyaman di perut.

20. Terapi dengan Air Garam
Memasukkan cairan yang sudah dicampur dengan garam juga bisa menyembuhkan flu dengan cepat. Selain itu larutan garam juga bisa menghilangkan virus di saluran hidung dengan cepat. Cara terapi ini adalah dengan mencampur setengah gelas air hangat dengan garam halus dan tambahkan sedikit bubuk soda. Campur hingga merata lalu tutup satu lubang hidung dengan jari, sementara semprotkan cairan ke lubang hidung yang satunya. Cara ini akan membuat semua lendir keluar secara alami dan lakukan bergantian.

Demikianlah 20 Tips Ampuh Mengatasi Flu Alami. Musim hujan telah tiba. Perubahan musim biasanya disertai dengan wabah penyakit yang muncul bersamaan, misalnya flu. Flu adalah penyakit yang paling sering menyerang manusia dan sangat mudah menyebar.

Suka artikel ini? Bagikan:

Komentar

Komentar

Comments are closed.