Cara Unik Memperingati Hari Batik Nasional 2 Oktober 2015

Cara Unik Memperingati Hari Batik Nasional 2 Oktober 2015

sinetron-indonesia.com. Cara Unik Memperingati Hari Batik Nasional 2 Oktober 2015.  Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO. Pada tanggal ini, beragam lapisan masyarakat dari pejabat pemerintah dan pegawai BUMN  hingga pelajar disarankan untuk mengenakan batik.

Pemilihan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober berdasarkan keputusan UNESCO yaitu Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan, yang secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia.

Berikut Cara Unik Memperingati Hari Batik Nasional 2 Oktober 2015

  1. Kompetisi blog bertema kain dan perjalanan

    Kompetisi blog bertema kain dan perjalanan

    Kompetisi blog bertema kain dan perjalanan

    Situs biro perjalanan di Asia Pasifik dan Timur Tengah, Wego, menggelar kompetisi blog bertema kain dan perjalanan. ”Kompetisi ini digelar dalam merayakan Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober.

    Cerita bisa berupa pengalaman mengunjungi rumah produksi batik di Pekalongan, serunya berburu batik Pamekasan di Madura, atau cerita perjalanan lain yang menyoroti peran kain tradisional dalam budaya Indonesia. Cerita juga bisa menampilkan bagaimana pejalan memahami makna di balik pola kain tertentu, perannya dalam tarian atau pertunjukan, atau filosofi di balik pakaian adat yang dikenakan pada upacara pernikahan, keagamaan, dan pemakaman.

    Kompetisi ini berlangsung selama empat pekan, dimulai dari 28 September sampai 23 Oktober 2015. Tim juri dari situs ini akan menentukan pemenangnya. Pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai dan cerita yang ditulis para pemenang juga akan ditampilkan di situs Wego.

  2. Diskon Belanja Batik Hingga 70 Persen

    Diskon Belanja Batik Hingga 70 Persen

    Diskon Belanja Batik Hingga 70 Persen

    Thamrin City Trade Mall sebagai pusat perbelanjaan batik nusantara bekerjasama dengan Bank BRI menggelar acara yang bertajuk ‘Batik Fantastik Elegan’.

    Acara tersebut digelar dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2015. Digelar selama 3 hari mulai 30 September hingga 2 Oktober 2015 di Area Grand Hall Thamrin City Trade Mall, Jakarta.

    Acara Batik Fantastik Elegan ini diisi dengan berbagai kegiatan positif. Diantaranya pelatihan membatik gratis untuk para pengunjung, bagi-bagi voucher belanja batik dari Bank BRI, pemberian penghargaan untuk pedagang terbaik di Thamrin City oleh Bank BRI, hingga diskon belanja batik sampai 70 persen.

  3. Hari Batik Nasional diperingati secara meriah di Solo

     

    Hari Batik Nasional diperingati secara meriah di Solo

    Hari Batik Nasional diperingati secara meriah di Solo

    Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober bakal diperingati secara meriah di Solo, Jawa Tengah, melalui atraksi marching band dari Akademi Kepolisian berkolaborasi dengan Solo Batik Carnival.

    Atraksi marching band dari Akademi Kepoisian yang berkekuatan 400 orang akan mulai dari Stadion Sriwedari menuju Jalan Slamet Riyadi. Sampai di perempatan Nonongan Kota Solo, mereka bergabung dengan SBC untuk kemudian menuju Balaikota Surakarta.

Itulah beberapa Cara Unik Memperingati Hari Batik Nasional 2 Oktober 2015.  Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi

Suka artikel ini? Bagikan:

Komentar

Komentar

Comments are closed.