Adit dan Sopo Jarwo

Adit dan Sopo Jarwo

sinetron-indonesia.comFilm Animasi Terpopuler di Asia. Beberapa waktu lalu film animasi Frozen mampu meraih kesuksesan luar biasa hanya dalam waktu singkat. Bahkan hingga kini demam film Frozen masih dialami oleh jutaan anak di dunia. Jika berbicara film animasi, maka film animasi asal animator Amerika Serikat memang sudah tidak perlu diragukan lagi.

Di Negeri Paman Sam sendiri animasi sebenarnya sudah mulai berkembang sejak abad ke 18. Pada saat itu pembuatan animasi belum secanggih seperti sekarang ini. Untuk membuat animasi berdurasi satu detik, para animator membutuhkan 12 hingga 24 gambar diam yang kemudian dirangkai dengan teknik stopmotion animation.

Seiring dengan perkembangan teknologi komputer animasi pun mulai berkembang  hingga menjadi teknik animasi 2 dimensi dan 3 dimensi. Dari sinilah akhirnya muncullah animasi fenomenal yang mendunia karya Walt Disney, seperti Mickey Mouse, Donald Duck, Pinokio, Putri Salju dan masih banyak lagi. Walt Disney juga menjadi pioner film animasi lengkap dengan audio pada tahun 1928.

Film animasi pun mulai banyak menarik perhatian masyarakat setelah Walt Disney menciptakan film animasi berwarna pada tahun 1932. Sejak itulah film animasi terus berkembang dan populer bahkan merambah asia mulai dari Jepang hingga Indonesia.

Berikut Daftar Film Animasi Terpopuler di Asia

  1. Naruto & Dragon Ball

    Naruto & Dragon Ball

    Naruto & Dragon Ball

    Dari negara Jepang tokoh atau karakter animasi yang sangat populer di dunia termasuk di Indonesia adalah Naruto dan Dragon Ball. Kepopuleran dua tokoh animasi asal Jepang ini tentu saja tidak perlu diragukan lagi dilihat dari masih panjangnya serial animasi yang masih populer hingga saat ini.
    Tak hanya itu, hampir di tiap negara terdapat penggemar fanatik Naruto dan Dragon Ball yang setia menanti kelanjutan kisah dua tokoh tersebut.

    Naruto sendiri merupakan serial manga karya Masashi Kishimoto yang diadaptasi menjadi serial animasi televisi dan juga film yang mengisahkan kehidupan seorang ninja bernama Naruto Uzumaki yang ingin mewujudkan keinginannya menjadi ninja terkuat di desanya. Setalah manga Naruto meraih sukses di tahun 1999, 3 tahun kemudian serial anime Naruto mulai diproduksi dan disiarkan secara perdana di Jepang langsung meraih sukses bahkan dibuat hingga mencapai 650 episode.
    Karena ceritanya yang menarik, anime Naruto pun merambah Amerika Serikat dan Kanada pada tahun  2005, kemudian di Inggris dan juga Australia.

    Tak hanya serial televisi anime yang sarat dengan pesan moral ini pun dibuatkan film animasinya hingga mencapai 10 judul film, diantaranya: Naruto The Movie Ninja Clash in The Land of SnowNaruto the Movie Blood Prison, dan yang terakhir The Last Naruto The Movie.
    Hampir sama dengan Naruto, animasi Dragon Ball pun sukses mendunia. Dragon Ball sendiri mengisahkan tentang tokoh utama bernama Goku yang memiliki kekuatan luar biasa. Dengan tujuh bola naga atau Dragon Ball yang jika disatukan bisa mengabulkan setiap buah permintaan Goku berani menantang berbagai macam musuh yang ingin menguasai planet bumi.

    Dragon Ball sendiri merupakan manga dan anime Jepang yang dikarang oleh Akira Toriyama pada tahun 1984 hingga tahun 1995.

  2. Little Krisna

    Little Krisna

    Little Krisna

    Dari Negara India film animasi Little Krisna menjadi salah satu animasi yang cukup populer. Serial animasi komputer tiga dimensi karya Big Animation dan juga Heritage Foundation India ini sukses meraup perhatian masyarakat karena kisahnya yang menarik dan sarat akan hiburan.

    Dalam serial animasi Little Krisna sendiri mengisahkan kehidupan Batara Krisna saat kecil di tanah Vrindavan. Dalam serial tersebut Little Krisna digambarkan sebagai sosok anak kecil yang selalu sigap membantu teman-teman dan masyarakat desanya sehingga sangat dicintai. Dibalik kepopuleran animasi Little Krisna ternyata terselip proses produksi yang tidak mudah. Untuk membuat serial animasi Little Krisna, Big Animation membutuhkan waktu riset hingga 7 tahun lamanya dan proses produksi yang memakan waktu hingga 2 tahun serta melibatkan hampir 280 seniman.

    Menariknya, serial Little Krisna juga tak luput dari peran sang penulis cerita Jeffrey Scott yang sempat memenagkan penghargaan di Emmy Award.

  3. Upin dan Ipin

    Upin dan Ipin

    Upin dan Ipin

    Dari negara tetangga Malaysia, animasi Upin Ipin menjadi salah satu animasi yang sangat populer. Bahkan mencatat sebagai animasi paling terkenal pada tahun 2011 oleh Malaysia Book Of Records. Bukti lain kepopuleran serial animasi yang dirilis pada 14 Desember 2007 ini yaitu dengan ditayangkannya serial Upin Ipin di beberapa negara lainnya, seperti di Indonesia, Philipina, Singapura, Turki, Brunei, Thailand, Hongkong, hingga Korea Selatan.

    Bahkan ketika musim kedua tayang, serial animasi garapan Les Copaque Production ini tetap mendapatkan perhatian hingga meraup 1,5 juta penonton dan menjadikannya seri kartun kedua dengan jumlah penonton terbanyak di dunia pertelevisian Malaysia.

    Sukses dengan serial televisinya, animasi Upin Ipin pun langsung dibuatkan film. Film yang bertajuk Geng Pengembaraan Bermula tersebut menjadi film animas CGI pertama Malaysia dan menjadi film paling spektakuler di sejarah perfilman Malaysia karena mampu mencapai pendapatan total hingga 6,31 juta ringgit Malaysia. Menurut banyak pihak, salah satu kunci sukses kepopuleran serial animasi Upin Ipin dikarenakan animasi ini mampu menyuguhkan nilai pendidikan agama tidak hanya lewat ceritanya, namun juga dari tokoh-tokoh pendukungnya.

    Seperti yang diketahui dalam serial tersebut dikisahkan Upin Ipin hidup bersama dengan Sang Nenek dan juga Sang Kakak Ros dan memiliki banyak teman, diantaranya Mei Mei,  Jarjit, Ikhsan, yang memiliki latar belakang dari orag Cina, Tamil, Melayu dan juga Indonesia lewat karakter Susanti.

    Berkat kekuatan ceritanya animasi Upin Ipin sukses menuai beragam penghargaan diantaran dari festival film international Kuala Lumpur pada tahun 2007 sebagai animasi terbaik.

  4. Adit dan Sopo Jarwo

    Adit dan Sopo Jarwo

    Adit dan Sopo Jarwo

    Tak mau kalah  dari negara asing, Indonesia pun memiliki animasi yang cukup populer dan membanggakan karena murni hasil karya anak bangsa yaitu serial animasi Adit dan Sopo Jarwo.

    Walaupun serial animasi ini baru dirilis pada 27 Januari tahun 2014 lalu, namun serial produksi MD Animation ini mampu menarik perhatian masyarakat Indonesia lewat kisah-kisahnya.

    Seperti yang diketahui serial animasi Adit, Sopo dan Jarwo ini mengisahkan tentang kehidupan persahabatan seorang anak laki-laki bernama Adit bersama dengan sahabat-sahabatnya Denis, Mita, Devi serta Sang Adik Adel.

    Kehidupan Adit pun semakin berwarna setelah ia dan teman-temannya kerap berurusan dengan Bang Sopo dan Bang Jarwo yang tak lain adalah dua orang pengangguran yang cenderung licik dan selalu mencari celah untuk mendapatkan untung bagi dirinya sendiri.

    Sama seperti serial animasi lainny, animasi Adit dan Sopo Jarwo ini pun harus melewati proses yang tidak mudah. Walaupun ditangani oleh hampir 250 animator, namun untuk membuat satu menit adegan dibutuhkan waktu hingga 90 jam.

    Animasi Adit Sopo Jarwo sendiri sebenarnya mulai dikembangkan sejak tahun 2002 lalu, namun karena terkendala sumber daya manusia proyek animasi ini pun terpaksa dihentikan dan akhirnya baru mampu diwujudkan pada tahun 2014 lalu.

    Menurut masyarakat, salah satu faktor daya tarik dari serial animasi Adit dan Sopo Jarwo ini sendiri karena kisahnya yang sederhana, menghibur, sekaligus sarat akan pesan moral.

Suka artikel ini? Bagikan:

Komentar

Komentar

Comments are closed.