sinetron-indonesia. Hidetsus Yagi dan Yagi Antena. Pasti kita sering melihat model antena TV yang dipasang di rumah-rumah berbentuk seperti duri ikan.

Google Doodle Hidetsugu Yagi

Google Doodle Hidetsugu Yagi

Dibandingkan dengan antena model lain, gambar yang dihasilkan dari jenis antena ini lebih jelas kan.

Dr. Hidetsugu Yagi

Dr. Hidetsugu Yagi

Ia adalah Dr. Hidetsugu Yagi seorang ilmuan dari Jepang. Pada tahun 1926 Dr Yagi bersama dengan rekannya Shintaro Uda, mengembangkan antena model baru yang bisa menguatkan sinyal dan menghilangkan gangguan disekitarnya sehingga membuat penerimaan gambar menjadi jernih.

Prisnsip kerja Yagi Antena

Prisnsip kerja Yagi Antena

Yagi antena bekerja dengan metode pengarahan gelombang listrik.

YAGI Antenna Inc.

YAGI Antenna Inc.

Dr. Hidetsugu Yagi lahir pada tahun 1886 di Osaka, Jepang. Pada tahun 1926 ia membuat Yagi Antena dan mematenkan penemuannya. Sedangkan di tahun 1942, ia menjadi Direktur Fakultas Ilmu Industri Universitas Tokyo. sementara di 1944 ia jadi Direktur Jenderal Institut Teknologi, dan di 1946 juga Direktur Jenderal Osaka Imperial University. Ia banyak menyabet banyak gelar yang diberikan padanya. Ini dia beberapa penghargaannya, diantaranya Penghargaan terkemuka Blue Ribbon Award (1951), Order of Merit Budaya (1956) dan besar Asahi Award dari Kelas Pertama (1976).

Selanjutnya pada tahun 1952 ia mendirikan Yagi Antenna Inc dan menjabat sebagai presiden direktur sampai tahun 1961. Dan pada tahun 1976 ia meninggal saat berusia sekitar 89 tahun.

Bentuk Yagi Antena Pertama (1926)

Bentuk Yagi Antena Pertama (1926)

Penemuan antena Dr. Hidetsugu Yagi dan Shintaro Uda dikenal dengan nama “”YAGI antenna””. Kantor hak paten Jepang menyebutkan bahwa  Dr. Hidetsugu Yagi adalah salah satu dari sepuluh orang penemu terhebat dan hak patennya dengan nomer No.69115 “YAGI antenna”.

Suka artikel ini? Bagikan:

Komentar

Komentar

Comments are closed.