Mengenal Klinik Chiropractic, Definisi, dan Cara Kerjanya

Mengenal Klinik Chiropractic, Definisi, dan Cara Kerjanya (foto: liputan6.com)

sinetron-indonesiaMengenal Klinik Chiropractic, Definisi, dan Cara Kerjanya. Chiropractic adalah suatu metode perawatan yang seringkali dilakukan untuk mengatasi gangguan pada sistem otot & tulang belakang (muskuloskeletal) dan sistem saraf, serta rasa sakit dan cacat yang dihasilkan dari gangguan tersebut.

Menurut docdoc.com Chiropractic adalah suatu metode perawatan yang seringkali dilakukan untuk mengatasi gangguan pada sistem otot & tulang belakang (muskuloskeletal) dan sistem saraf, serta rasa sakit dan cacat yang dihasilkan dari gangguan tersebut.

Prinsip utama dari metode perawatan ini adalah perlakuan dan penyesuaian rangka tubuh serta struktur-struktur pendukung yang mampu mengatasi gangguan seperti di atas dan mendukung kesehatan total. Unsur utama dari perawatan pijat tulang atau chiropractic adalah tulang belakang, meskipun sendi, otot-otot dan susunan saraf di sekitar tulang belakang juga dilibatkan dalam proses penyembuhan sakit kepala, nyeri sendi, dan berbagai keluhan saraf otot & tulang belakang (neuromusculoskeletal) pada leher, punggung, lengan, dan kaki.

Beberapa gangguan yang dapat diterapi, antara lain:

  1. Nyeri punggung
  2. Nyeri leher
  3. Rasa sakit karena radang sendi
  4. Cedera Lecutan (Whiplash)
  5. Sakit kepala
  6. Ketegangan akibat beragam tekanan dari kegiatan sehari-hari
  7. Beragam cedera akibat pekerjaan dan olahraga
  8. Pergerakan terbatas pada bahu, punggung, leher, dan anggota tubuh lainnya

Kondisi-kondisi di atas seringkali melibatkan atau mempengaruhi sistem saraf penting, yang dapat menyebabkan rasa sakit dan disfungsi bahkan hingga ke area yang jauh dari sumber cedera. Perawatan pijat tulang (chiropractic) dapat membantu mengatasi penyebab utama dari rasa sakit tersebut agar tidak mengganggu struktur dan kesehatan tubuh.

Perawatan pijat tulang (chiropractic) juga bermanfaat bagi mereka yang telah berusia lanjut, karena proses ini membantu mereka untuk mempertahankan gerakan dan rentang gerak yang baik. Pada beberapa kondisi khusus, efek jangka panjang dapat dirasakan jika cara ini digabungkan dengan beberapa terapi lain seperti terapi fisik, perangkat pendukung bagian tubuh (ortotik), latihan rutin dan perubahan gaya hidup.

Video Chiropractic

Suka artikel ini? Bagikan:

Komentar

Komentar

Comments are closed.