sinetron-indonesia. Untuk membasmi jentik nyamuk dan mengusir nyamuk kita bisa memanfaatkan Tanaman Zodia, Lavender dan Ikan Cupang Untuk Mengusir Nyamuk. Seperti yang belakangan ramai diberitakan, seiring dengan musim hujan, wabah demam berdarah di beberapa daerah juga mulai meningkat.

Tanaman Zodia, Lavender dan Ikan Cupang Untuk Mengusir Nyamuk

  1. Tanaman Zodia

    Tanaman Zodia

    Tanaman Zodia

    Zodia (Evodia Sauveolens) adalah tumbuhan yang masih tergolong dari saku jeruk-jerukan (Rutacea) dan merupakan tanaman endemik Indonesia yang berasal dari Papua, tapi kini tanaman zodia sudah mulai dibudidayakan diberbagai tempat. Tanaman ini telah dimanfaatkan oleh masyarakat asli Papua sebagai sebagai media untuk mengusir serangga dan nyamuk dengan cara dengan cara mengusapkan daun zodia ke seluruh tubuh.

    Tanaman Zodia (Evodia Sauveolens) talah lama di pergunakan oleh penduduk asli papua sebagai pengusir serangga dan nyamuk. Tanaman zodia mengeluarkan aroma khas yang tidak disukai oleh nyamuk sehingga nyamuk tidak berani mendekat dan pergi.

    Ciri-Ciri Tanaman Zodia

    – Zodia merupakan tanaman perdu dari suku jeruk-jerukan (Rutaceae) yang mempunyai tinggi berkisar antara 50–200 cm dengan rata-rata tinggi berkisar antara 75 cm.
    – Daun pohon zodia berbentuk pipih memanjang agak lentur dengan warna kuning kehijau-hijauan, panjang daunnya berkisar antara 2–30 cm.
    – Tanaman zodia dapat mencapai ukuran 2 meter bila tumbuh di daerah bebas.

  2. Tanaman Lavender

    Tanaman Lavender

    Tanaman Lavender

    Lavender atau lavendel atau Lavandula adalah sebuah genus tumbuhan berbunga dalam suku Lamiaceae yang memiliki 25-30 spesies. Asal tumbuhan ini adalah dari wilayah selatan Laut Tengah sampai Afrika tropis dan ke timur sampai India. Genus ini termasuk tumbuhan menahun, tumbuhan dari jenis rumput-rumputan, semak pendek, dan semak kecil. Tanaman ini juga menyebar di Kepulauan Canaria, Afrika Utara dan Timur, Eropa selatan (terutama Perancis selatan), Arabia, dan India. Karena telah ditanam dan dikembangkan di taman-taman di seluruh dunia, tumbuhan ini sering ditemukan tumbuh liar di daerah di luar daerah asalnya.

    Ciri-Ciri Tanaman Lavender

    Bunga lavender ini mempunanyai bentuk yang unik yakni berukuran kecil memanjang dan mempunyai warna ungu yang menyegarkan.

  3. Ikan Cupang

    Ikan Cupang

    Ikan Cupang

    Ikan merupakan salah satu predator pemakan jentik nyamuk yang hidup di air kolam. Keberadaan ikan akan memutuskan mata rantai kehidupan nyamuk. Jenis ikan yang menyukai jentik nyamuk di ataranya adalah ikan gruppy, ikan cupang, ikan cere, ikan nila dan ikan gapi.

    Ikan Cupang (Betta sp.) adalah ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Di kalangan penggemar, ikan cupang umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Di Indonesia terdapat cupang asli,salah satunya adalah Betta channoides yang ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur.

    Ikan cupang adalah salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara (aerator), ikan ini masih dapat bertahan hidup.

Nah itu dia cara memanfaatkan Tanaman Zodia, Lavender dan Ikan Cupang Untuk Mengusir Nyamuk. Seperti yang belakangan ramai diberitakan, seiring dengan musim hujan, wabah demam berdarah di beberapa daerah juga mulai meningkat.

Suka artikel ini? Bagikan:

Komentar

Komentar

Comments are closed.